25 Resep Ayam Kremes Rumahan Sederhana & Tahan Lama

Resep Ayam Kremes – Salah satu makanan banyak disukai banyak orang, karena rasanya gurih serta renyah. Tidak hanya sebagai hidangan utama di rumah, namun ayam kremes juga sering dijadikan sebagai menu di restoran dan warung makan.

Namun sebelum bikin ayam kremes harus memperhatikan bahan-bahan yang diperlukan. Tapi tidak perlu khawatir semua bahan ayam kremes dapat ditemukan pada pasar tradisional bahkan minimarket terdekat.

Begitu juga dengan resep ayam bumbu kuning tanpa santan cukup mudah ditemukan bahan dasarnya. Namun yang menjadi masalah adalah tidak semua orang bisa bikin ayam kremes bersarang mulai dari menggoreng hingga bentuk lingkaran agar renyah.

Oleh karena kami akan membahas seputar resep serta cara bikin ayam kremes mulai dari proses awal marinasi hingga penggorengan. Untuk penjelasan tersebut bisa ditemukan pada pembahasan di bawah ini.

Cara Membuat Ayam Kremes

cara bikin kremesan bersarang

Ayam kremes atau ayam goreng garing adalah makanan favorit di Indonesia. Perpaduan ayam juicy dan beraroma dipadukan dengan tekstur renyah dari breadingnya adalah pasangan serasi. Jika ingin membuat hidangan lezat ini di rumah, berikut ini adalah cara membuatnya.

1. Pilih Ayam

Kunci untuk membuat ayam kremes yang enak dimulai dari bahan berkualitas. Pilih ayam segar atau memilih dari peternak langsung. Karena daging akan lebih beraroma, lebih segar serta empuk. Selain itu bisa menggunakan potongan ayam dari dada hingga paha.

2. Marinasi Ayam

Langkah selanjutnya adalah marinasi ayam. Ini akan meresapi daging dengan rasa hingga melunakkannya. Dalam mangkuk pengaduk, campurkan ayam dengan bawang putih, jahe, garam, gula, kecap serta saus tiram. Berikutnya aduk sampai merata sambil tutup wajan serta biarkan meresap di lemari es setidaknya selama satu jam atau semalaman.

3. Membuat Kremes

Kremes atau pelapis ayam renyah terdiri dari tepung yang telah dicampur dengan rempah-rempah, seperti kunyit, ketumbar atau jinten. Campur tepung dan rempah-rempah dalam piring dangkal. Di piring dangkal lainnya, kocok dua butir telur.

Ambil potongan ayam sudah diasinkan atau kibaskan rendaman berlebih. Lumuri ayam dengan adonan tepung, lalu celupkan ke telur kocok, dan lumuri lagi dengan adonan tepung.

4. Goreng Ayam

Isi panci atau penggorengan dalam dengan minyak yang cukup untuk menutupi ayam. Panaskan minyak dengan api sedang-tinggi sampai cukup panas untuk digoreng. Kemudian, masukkan ayam dengan hati-hati ke dalam minyak menggunakan penjepit.

Pastikan untuk tidak membuat panci atau wajan terlalu penuh, karena akan menurunkan suhu minyak serta membuat ayam kurang renyah. Goreng ayam hingga berwarna cokelat keemasan atau renyah, akan memakan waktu sekitar 8 hingga 12 menit. Tiriskan ayam di atas tisu untuk menyerap minyak berlebih.

Resep Ayam Kremes & Cara Bikin Kremesan Bersarang

bahan ayam kremes

Siapa tidak suka ayam kremes? mungkin sudah tidak asing lagi makanan tersebut. Resep ayam kremes juga bisa dibilang cukup mudah dibuat di rumah menggunakan bahan-bahan sederhana serta langkah-langkah simpel. Berikut ini adalah resep ayam kremes yang lezat bisa dicoba di rumah.

  • 1 kg ayam fillet, potong kecil-kecil
  • 2 butir telur ayam
  • 1 bungkus tepung terigu protein sedang (kira-kira 200 gram)
  • 1 bungkus tepung maizena (kira-kira 100 gram)
  • 1 bungkus bumbu penyedap rasa ayam
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 batang serai, geprek
  • Daun bawang secukupnya, iris tipis
  • Air es secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Setelah mengetahui beberapa bahan ayam kremes, silahkan lihat langkah-langkah bikin kremesan bersarang di bawah ini.

  1. Pertama-tama, marinasi dulu ayam dengan bawang putih, garam, merica bubuk, serai sudah dihaluskan atau bumbu penyedap rasa ayam. Selanjutnya aduk sampai rata lalu diamkan selama 30 menit kemudian.
  2. Selanjutnya, siapkan dua wadah. Wadah pertama berisi tepung terigu atau wadah kedua berisi campuran tepung maizena lalu telur ayam sudah dikocok lepas. Aduk rata masing-masing wadah tersebut.
  3. Masukkan ayam sudah di marinasi ke dalam wadah tepung terigu, lalu celupkan ke dalam wadah campuran tepung maizena serta telur ayam.
  4. Masukkan ayam ke dalam kulkas selama minimal 30 menit. Tujuannya adalah supaya tepung menempel dengan baik di atas daging ayam.
  5. Selanjutnya panaskan minyak goreng ke dalam wajan dalam kondisi api sedang.
  6. Tambahkan air es ke dalam ayam, aduk rata.
  7. Goreng ayam hingga matang hingga krispi di atas minyak sudah dipanaskan, lalu angkat.
  8. Sajikan ayam kremes lezat dengan taburan daun bawang iris di atasnya.

Kesimpulan

Setelah membaca pembahasan, dapat disimpulkan bahwa resep ayam kremes adalah salah satu hidangan sangat populer dan disukai banyak orang di Indonesia. Hidangan ini tidak hanya lezat, tetapi juga cukup mudah untuk dibuat di rumah menggunakan bahan-bahan mudah didapat.

Dalam proses memasak ayam kremes, ada beberapa cara dapat disimak untuk mencapai hasil sempurna. Diantaranya adalah memilih daging ayam segar serta berkualitas, memadukan racikan bumbu tepat serta menggoreng ayam dengan api sedang hingga matang dan garing.

Sekian pembahasan dari datahub.id mengenai Resep Ayam Kremes. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan dari resep makanan lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian yang ingin mencoba masak ayam kremes di rumah.

Share this: