70 Tempat Wisata di Tangerang 2023, Cocok Untuk Healing!

Tempat Wisata di Tangerang – Selamat datang di Tangerang, kota metropolitan yang terletak di sebelah barat Jakarta. Tangerang menjadi salah satu destinas wisata yang cukup diminati oleh wisatawan domestik maupun internasional. Kota ini menawarkan beragam atraksi wisata yang bisa menjadi destinasi ideal untuk liburan keluarga, rekreasi, dan pembaruan diri.

Berbicara tentang tempat wisata di Tangerang, Anda akan menemukan bahwa kota ini memiliki banyak destinasi yang menarik. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata kuliner bisa Anda temukan di kota ini.

Selain itu, Tangerang juga menyediakan destinasi wisata budaya yang menarik dan pastinya mampu menambah wawasan Kita bersama selagi berlibur. Lantas, apa saja rekomendasi tempat wisata di Tangerang tersebut?

Supaya dapat membantu rencana liburan dan mengunjungi beberapa tempat wisata di Tangerang, maka Admin Datahub akan memberikan seluruh rekomendasinya secara lengkap. Jadi jangan sampai Anda lewatkan seluruh opsi di dalamnya supaya liburan jadi lebih efektif dan efisien.

Daftar Rekomendasi Tempat Wisata di Tangerang

Tibalah saatnya membahas tentang beberapa tempat wisata yang ada di Provinsi Banten tersebut. Tentunya tidak hanya sekedar mengunjungi ramai riuh kotanya saja, Anda juga dapat mengunjungi beberapa tempat bersejarah, panorama alam, hingga edukasi selama berada di Tangerang.

Supaya bisa mendapatkan gambaran mengenai beberapa destinasi tersebut, berikut merupakan daftar rekomendasi beberapa tempat wisata di Tangerang.

1. Taman Wisata Alam Angke Kapuk Tempat Healing di Tangerang

1. Taman Wisata Alam Angke Kapuk Tempat Healing di Tangerang

Taman Wisata Alam Angke Kapuk merupakan tempat wisata alam yang berada di kawasan Jalan Tol Jakarta-Tangerang. Lokasi ini memiliki luas sekitar 1.400 hektar yang terdiri dari hutan bakau, danau, serta beberapa sungai danau dan waduk. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini, mulai dari berjalan-jalan, bersepeda, hingga menikmati hamparan hijau di sisi danau. Selain itu, di Taman Wisata Alam Angke Kapuk ini juga bisa dilakukan aktivitas memancing dan berperahu.

2. Taman Wisata Alam Danau Cipondoh di Tangerang

2. Taman Wisata Alam Danau Cipondoh

Taman Wisata Alam Danau Cipondoh adalah tempat wisata alam yang terdapat di kawasan Cipondoh, Tangerang. Terletak di tepi Danau Cipondoh, tempat ini dilengkapi dengan berbagai wahana rekreasi yang menarik seperti kolam arus, kayaking, boyongan, dan bridge walking. Pengunjung juga dapat manjakan mata dengan berjalan mengelilingi danau yang penuh dengan flora dan fauna yang mewarnai kawasan ini

Itulah beberapa tempat wisata alam di Tangerang yang wajib kamu kunjungi dan jangan lupa untuk menjaga kelestarian alam serta membawa sampah ketika pulang dari tempat wisata untuk mendukung kampanye #bersihjagakeindahan di Indonesia.

3. Tempat Wisata di Tangerang Museum Benteng Heritage

3. Tempat Wisata di Tangerang Museum Benteng Heritage

Museum Benteng Heritage merupakan museum sejarah yang terletak di Jalan Raya Pajajaran No.8, Kebon Besar, Tangerang. Di dalam museum ini terdapat berbagai koleksi benda-benda bersejarah dan bermakna tentang perjalanan Kota Tangerang dalam menghadapi zaman penjajahan Belanda. Pengunjung dapat melihat koleksi replika benteng pertahanan, peta sejarah, lukisan, hingga perlengkapan perang. Tak hanya itu, museum ini juga menyediakan tur berpemandu yang membantu pengunjung memahami setiap makna koleksi yang dipajang.

4. Tempat Wisata di Tangerang Taman Legenda Keong Emas

4. Tempat Wisata di Tangerang Taman Legenda Keong Emas

Mengajarkan nilai sosial dan moral sejak usia muda, Taman Legenda Keong Emas selalu menarik untuk dikunjungi. Terletak di Jalan Raya Pantura Tigaraksa, Cikupa, taman ini menjadi satu-satunya tempat wisata edukasi di Tangerang yang berkonsepkan cerita rakyat. Di dalamnya terdapat replika Keong Emas, keraton yang meningkatkan daya imajinasi anak-anak, dan museum permainan tradisional Indonesia. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati wahana air dan memancing ikan di kolam pancing.

5. Tempat Wisata di Tangerang Museum Nasional Keramik

5. Tempat Wisata di Tangerang Museum Nasional Keramik

Sejarah keramik di Indonesia menjadi sorotan utama di Museum Nasional Keramik. Museum yang terletak di Jalan Pos Kota No. 2 ini memajang 10.000 jenis koleksi keramik dari berbagai wilayah Indonesia seperti Bali, Sumatera, dan Jawa. Didirikan oleh Museum Keramik Belanda di tahun 1918, museum ini menjadi pusat penelitian keramik dan menjawab berbagai pertanyaan mengenai sejarah keramik di Indonesia. Pengunjung dapat mempelajari proses pembuatan keramik dan juga menambah wawasan tentang seni dan budaya Kerajaan Majapahit.

6. Tempat Wisata di Tangerang Pantai Tanjung Lesung

6. Tempat Wisata di Tangerang Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung adalah pantai indah yang berlokasi di sebelah barat Tangerang. Wisatawan dapat menikmati panorama pantai dan keindahan sunset. Selain itu, Pantai Tanjung Lesung juga menawarkan berbagai kegiatan air seperti snorkeling, banana boat, jet ski, dan parasailing. Pengunjung juga dapat menyewa penginapan dan rumah-rumah pohon di sekitar pantai untuk menikmati liburan yang nyaman bersama keluarga dan teman-teman.

7. Tempat Wisata di Tangerang Waterboom Lippo Cikarang

7. Tempat Wisata di Tangerang Waterboom Lippo Cikarang

Waterboom Lippo Cikarang adalah taman air yang paling populer di Tangerang. Dengan 27 jenis wahana permainan air seperti kolam ombak, seluncuran, dan tali-tarzan, Waterboom Lippo Cikarang menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi pengunjungnya. Selain itu, taman air ini juga dilengkapi dengan fasilitas makanan dan minuman dan area bermain untuk anak-anak.

8. Tempat Wisata di Tangerang Taman Mini Indonesia Indah

8. Tempat Wisata di Tangerang Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah, di pinggiran Tangerang, juga menawarkan arsitektur yang sangat menarik. Di Taman Mini Indonesia Indah, wisatawan akan menemukan taman tema arsitektur Indonesia yang menampilkan beberapa bangunan tradisional di Indonesia. Dari rumah tradisional dari Bali hingga kuil cina dari Tiongkok, taman ini menawarkan pengalaman wisata yang unik untuk dikunjungi.

9. Tempat Wisata Chinatown Tangerang

9. Tempat Wisata Chinatown Tangerang

Chinatown Tangerang menampilkan arsitektur Tiongkok kuno yang luar biasa. Tempat ini menampilkan bangunan-bangunan bersejarah yang kaya akan tradisi Tiongkok. Menjelajahi Chinatown Tangerang merupakan pengalaman yang akan membuat Anda merasakan kehidupan budaya Tiongkok di Indonesia.

10. Tempat Wisata Danau Situ Gintung

10. Tempat Wisata Danau Situ Gintung

Situ Gintung adalah danau yang indah dan tenang yang terletak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Tangerang. Salah satu wisata arsitektur di Situ Gintung adalah rumah-rumah tradisional Minang yang indah dan kaya akan sejarah. Sebagai salah satu destinasi wisata yang kaya akan sejarah dan budaya, Situ Gintung harus masuk dalam daftar tempat wisata arsitektur yang harus dikunjungi di Tangerang.

11. Tempat Wisata Religi Masjid Agung Al-A’zhom Tangerang

11. Tempat Wisata Religi Masjid Agung Al Azhom Tangerang

Salah satu masjid terbesar di Tangerang, Masjid Agung Al-A’zhom memiliki arsitektur megah dengan lima kubah yang khas. Berdiri di atas lahan seluas 4,5 hektar, masjid ini dapat menampung hingga 5.000 jamaah dalam satu waktu. Selain itu, masjid juga memiliki beberapa fasilitas modern seperti ruang VIP, tempat wudhu ber-AC, dan ruang bermain anak-anak.

Di dalam masjid, terdapat berbagai macam hiasan-hiasan yang dilukis dengan indah oleh seniman lokal, seperti kaligrafi dan lukisan alam. Jika Anda ingin mengenal budaya islam di Indonesia, maka Masjid Agung Al-A’zhom adalah pilihan yang tepat untuk dikunjungi.

12. Ocean Park BSD City di Tangerang

12. Ocean Park BSD City di Tangerang

Ocean Park BSD City adalah wahana rekreasi air yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Terdapat berbagai jenis wahana seperti kolam ombak, lazy river, water playground hingga wahana adrenalin tinggi seperti The Tornado dan The Twister. Anak-anak juga bisa bermain di Children Playground atau menikmati pertunjukan air.

13. Amazing Farm

13. Amazing Farm

Amazing Farm adalah tempat wisata edukasi yang cocok dibawa anak-anak. Anak-anak dapat belajar mengenal hewan ternak seperti sapi, ayam, dan kambing. Selain itu, terdapat juga area belajar pertanian dan kebun. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai hidangan dengan bahan segar dari peternakan dan kebun.

14. Taman Wisata Taman Kupu-Kupu

14. Taman Wisata Taman Kupu Kupu

Taman Kupu-Kupu adalah tempat yang cocok untuk wisata edukasi anak-anak. Terdapat berbagai jenis kupu-kupu yang hidup di habitat aslinya. Selain itu, terdapat juga area belajar dan museum untuk memperkaya pengetahuan tentang kehidupan kupu-kupu.

15. Tempat Wisata Kuliner Pasar Lama Tangerang

15. Tempat Wisata Kuliner Pasar Lama Tangerang

Pasar Lama Tangerang adalah tempat bersejarah yang cocok untuk wisata budaya bersama keluarga. Terdapat berbagai jenis toko dan warung yang menjual berbagai macam produk lokal, mulai dari batik hingga makanan khas. Suasana pasar yang khas dan arsitektur bangunan peninggalan Belanda akan memperkaya pengalaman wisata anda.

16. AEON Mall Taman Sakura Tangerang

16. AEON Mall Taman Sakura Tangerang

Taman Sakura adalah salah satu wisata baru yang ada di Tangerang. Sesuai dengan namanya, taman ini memiliki keindahan yang mirip dengan Taman Sakura di Jepang. Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin berfoto dengan latar belakang bunga dan pohon sakura yang indah. Ditambah, taman ini juga memiliki banyak café dan tempat kuliner yang menarik.

17. Eco Park Tangerang

17. Eco Park Tangerang

Eco Park Tangerang merupakan taman dengan tema keberlanjutan lingkungan. Taman ini menawarkan banyak kegiatan yang edukatif yang mengajarkan tentang pentingnya menjaga lingkungan. Eco Park Tangerang juga memiliki area permainan anak yang seru dan menyenangkan.

Akhir Kata

Melalui beberapa pembahasan di atas, Anda sudah mengetahui bahwa ternyata banyak sekali Tempat Wisata di Tangerang yang cocok untuk dikunjungi. Apabila berminat mengunjungi salah satunya, maka pastikan untuk membuat perencanaan baik kunjungan maupun keuangan.

Sekian pembahasan yang dapat Admin Datahub sampaikan untuk Anda pecinta wisata. Apabila membutuhkan tips liburan, rekomendasi wisata, dan perencanaan keuangan lainnya, maka seluruh update terbaru dari Datahub.id dapat dijadikan rujukan terbaiknya.

Sumber Gambar: Admin Datahub

Share this: