50 Tempat Wisata di Brebes Jawa Tengah yang Lagi Hits 2023

Tempat Wisata di Brebes Jawa Tengah – sebagai salah satu provinsi di Indonesia, memiliki banyak tempat wisata bisa bertanding dengan tempat wisata di daerah lainnya. Salah satu daerah di Jawa Tengah menawarkan keindahan atau keunikan tersendiri adalah Brebes.

Brebes adalah daerah terletak di tepi pantai utara Jawa Tengah, sehingga tempat wisata di Brebes kebanyakan memiliki unsur air dalam keindahannya. Jika kamu suka menikmati pemandangan laut atau danau kebetulan berada di Jawa Tengah, sempatkanlah untuk berkunjung ke tempat wisata di Brebes.

Beberapa tempat wisata bisa dikunjungi adalah Pantai Alam Indah, Bendungan Penjalin, Waduk Cacaban, Goa Sunyaragi atau Taman Mini Indonesia Indah Brebes. Semua objek wisata tersebut memiliki pesona beragam serta dapat memuaskan hobi traveling

Sama halnya tempat wisata di Purwokerto yang lagi hits, ramai sekali para pengunjung dikarenakan ada tempat baru aesthetic. Maka dari itu kota Brebes Jawa Tengah tidak kalah saing dengan kota Purwokerto.

Tempat Wisata di Brebes Jawa Tengah yang Lagi Hits

wisata brebes

Pengunjung yang luar daerah kota Brebes Jawa Tengah, tentu saja membutuhkan alamat tempat wisata secara akurat. Karena belakangan ini kota Brebes Jawa Tengah menjadi sorotan tentang tempat wisata terbarunya.

Jadi tidak heran kalau tempat wisata Brebes sekarang cukup ramai pengunjung. Apabila ingin mendatangi tempat wisata di Brebes, silahkan lihat pembahasan di bawah ini.

1. Pantai Alam Indah

wisata pantai alam indah brebes

Pertama, ada Pantai Alam Indah. Seperti namanya, pantai ini memang memiliki keindahan alam luar biasa. Pantai Alam Indah terletak di Desa Kertasari, Kecamatan Tonjong, Brebes. Di pantai ini, kamu dapat menyaksikan pemandangan laut membentang luas sambil menikmati ombak tenang. Selain itu, di pantai ini juga terdapat warung makan menyajikan berbagai macam makanan laut segar. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menikmati sunset di Pantai Alam Indah sangat indah.

2. Waduk Cacaban

wisata waduk cacaban brebes

Ketiga, ada Waduk Cacaban. Waduk Cacaban terletak di Dukuh Cacaban, Desa Sumurpanggang, Kecamatan Kersana, Brebes. Waduk ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan air di daerah Brebes serta sekitarnya. Namun, kini Waduk Cacaban telah menjadi objek wisata menarik. Di sini, kamu dapat menikmati keindahan waduk begitu asri atau tenang. Kamu juga bisa menaiki perahu untuk melihat waduk dari tengah-tengahnya. Tidak hanya itu, Waduk Cacaban juga menjadi spot favorit untuk memancing ikan seperti nila ataulele.

3. Wisata Makanan Soto Bu Endang di Brebes

wisata soto bu endang

Brebes terkenal sebagai kota kaya akan tempat wisata serta kuliner menggoda lidah. Salah satu makanan khas wajib dicoba saat berkunjung ke Brebes adalah Soto Bu Endang. Soto Bu Endang adalah sebuah nama legendaris sudah melegenda di kalangan masyarakat Brebes. Sejak tahun 1980, soto Bu Endang sudah diakui oleh banyak orang sebagai soto terenak di Brebes.

Soto Bu Endang berlokasi di Jln Wirabima No. 21 Brebes. Untuk mencicipinya, pengunjung harus siap berdesakan mengingat antriannya yang selalu panjang. Tapi jangan khawatir, antrian tersebut akan segera terbayar lunas ketika soto Bu Endang sudah tersaji di meja.

Soto Bu Endang terkenal dengan kuah sotonya berwarna kuning kecoklatan dan memiliki cita rasa khas. Kuah soto ini terbuat dari bahan-bahan segar seperti daging ayam, kacang kedelai atua bumbu-bumbu rempah pilihan. Sedangkan isian soto Bu Endang terdiri dari potongan daging ayam berukuran cukup besar, telur rebus, tauge, dan mie soun. Ditambah dengan jeruk nipis dicampur dengan sambal pedas khas Brebes, menyeimbangkan rasa gurih atau sedikit pedas pada kuah soto.

4. Wisata Museum Brebes Jawa Tengah

museum batu brebes

Brebes, sebuah kota di provinsi Jawa Tengah, bukan hanya dikenal sebagai kota pertanian serta perikanan menghasilkan beragam produk unggulan seperti keripik tempe, tempe mendoan atau ikan teri. Terdapat keunikan seni dan budaya khas Brebes menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tempat terbaik untuk mempelajari serta mengetahui seluk-beluk kesenian daerah Brebes adalah Museum Brebes.

Berlokasi di Jln Jenderal Sudirman no. 57, Museum Brebes menjadi tempat tepat bagi para wisatawan untuk mengenal seni dan budaya di Brebes. Museum ini berdiri sejak 2013 atau menjadi salah satu tempat wisata edukatif populer di kota Brebes.

Di Museum Brebes, pengunjung dapat mempelajari sejarah Brebes serta mengenal seni dan budaya khas dari daerah ini. Beberapa koleksi yang disajikan di antaranya adalah peralatan musik tradisional, alat-alat pertanian tradisional, lukisan bertema khas Brebes, hingga berbagai jenis produk kerajinan tangan khas Brebes.

Selain menyajikan koleksi seni dan budaya khas Brebes, Museum Brebes juga menyajikan suasana nyaman untuk para pengunjung. Ruangan bersih serta pencahayaan cukup membuat pengunjung betah berlama-lama di museum ini.

5. Wisata Agrowisata Petik Apel di Brebes Jawa Tengah

Tempat Wisata di Brebes Jawa Tengah

Brebes, salah satu kabupaten di Jawa Tengah, menjadi destinasi wisata menarik untuk dikunjungi, khususnya bagi para pecinta buah apel. Terletak di Desa Sidakaya, Agrowisata Petik Apel Brebes menawarkan pengalaman wisata edukasi seru.

Di Agrowisata Petik Apel Brebes, pengunjung bisa belajar cara menanam dan merawat pohon apel, serta memanen atau mengambil buah apel sudah matang. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati keindahan kebun apel indah dan segar di belantara pegunungan hijau.

Wisata di kebun apel luas sambil belajar tentang budidaya apel akan memberikan pengalaman wisata mengesankan. Dengan biaya masuk terjangkau, pengunjung bisa mendapatkan paket lengkap mencakup tour edukasi, petik apel, serta makan siang lezat dengan menu spesial apel.

Selain menikmati keindahan kebun apel, pengunjung Agrowisata Petik Apel Brebes juga bisa menikmati hidangan khas apel lezat. Berbagai jenis makanan dan minuman terbuat dari apel tersedia untuk dinikmati, seperti jus apel segar, apel goreng, apel panggang, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa membeli produk olahan apel khas Brebes sebagai oleh-oleh untuk kerabat atau sebagai kenang-kenangan dari wisata di Agrowisata Petik Apel Brebes. Produk-produk tersebut meliputi berbagai jenis makanan dan minuman, seperti selai apel, keripik apel, dan biskuit apel.

Agrowisata Petik Apel Brebes terletak di Desa Sidakaya, Kecamatan Wanasari, kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Untuk menuju ke wisata ini bisa menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil atau motor, atau menggunakan transportasi umum.

6. Wisata Puncak Penanjakan Brebes Jawa Tengah

Tempat Wisata di Brebes Jawa Tengah

Tidak percuma jika Puncak Penanjakan menjadi rujukan bagi para traveler hendak menikmati keindahan sunrise kala berkunjung ke Brebes, Jawa Tengah. Dari atas bukit, mata kita akan dimanjakan oleh pemandangan alam memukau, di antaranya panorama pegunungan dan lembah hijau indah. Perpaduan nuansa cahaya matahari dan kabut turut menyiratkan ketenangan di hati siapa saja menyaksikan. Tidak heran jika tempat ini begitu populer di kalangan penikmat keindahan alam.

7. Wisata Goa Petruk Brebes Jawa Tengah

Tempat Wisata di Brebes Jawa Tengah

Goa Petruk Brebes adalah tempat wisata memiliki pesona alam menawan. Terletak di Desa Sumbergirang, Kecamatan Tonjong, Brebes, Jawa Tengah, tempat ini menjadi destinasi favorit bagi para pecinta petualangan alam. Goa Petruk Brebes dinamakan demikian karena di dalamnya terdapat patung Petruk, salah satu tokoh dalam pewayangan Jawa.

Sebelum memasuki Goa Petruk Brebes, pengunjung diwajibkan untuk membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 untuk satu orang. Untuk mencari masuk ke dalam goa, dibutuhkan keberanian dan ketangkasan karena pengunjung harus menuruni bekas tangga tanah licin dan menembus kegelapan goa.

Saat berada di dalam goa, pengunjung akan disambut dengan kegelapan yang pekat sehingga memerlukan penerangan yang cukup untuk menembus ratusan meter gua. Jangan khawatir, wisatawan tidak perlu takut kehabisan oksigen karena goa ini memiliki sirkulasi udara yang cukup baik.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di dalam goa adalah mengelilingi lorong-lorong sempit goa sambil menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit yang terbentuk secara alami selama ribuan tahun. Suasana misterius dan dingin di dalam goa Petruk Brebes akan memberikan sensasi petualangan yang menyenangkan sekaligus menantang bagi para wisatawan.

Pusat Oleh-oleh Brebes Jawa Tengah

Tempat Wisata di Brebes Jawa Tengah

Jalan Raya Pantura merupakan salah satu jalan utama yang sangat ramai, melintasi Pulau Jawa dari ujung barat hingga timur. Melewati Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, jalan tersebut menawarkan pesona alam luar biasa. Meskipun terkenal macet dan panas, perjalanan menelusuri Jalan Raya Pantura memiliki banyak hal menarik untuk dinikmati.

Saat berkunjung ke Brebes, ada beberapa oleh-oleh khas yang wajib Anda bawa pulang. Oleh-oleh merupakan ciri khas dari kota terkenal dengan produksi bawang merah serta presto. Berikut beberapa oleh-oleh khas Brebes patut dicoba.

1. Keripik Bawang Merah

Tidak lengkap rasanya jika tidak membawa pulang keripik bawang merah khas Brebes. Keripik bawang merah sangat renyah dan memiliki rasa khas. Anda bisa menemukannya di toko-toko oleh-oleh di sepanjang Jalan Raya Pantura.

2. Dodol Ketan Hitam

Oleh-oleh dodol ketan hitam memiliki cita rasa manis serta lembut. Terbuat dari ketan hitam dan gula, dodol hitam menjadi cemilan favorit bagi orang-orang di Brebes. Anda bisa membelinya di toko-toko oleh-oleh di sekitar Jalan Raya Pantura.

3. Burung Dara Presto

Burung dara presto khas Brebes sudah terkenal akan rasa dan kelezatannya. Cara memasaknya juga cukup mudah hanya perlu merebus burung dara sudah dicampur bumbu khusus hingga lunak mencapai tingkat presto. Anda bisa membelinya di pasar-pasar tradisional atau toko-toko oleh-oleh lokal.

Kesimpulan

Itulah beberapa tempat wisata di Brebes Jawa Tengah sayang untuk dilewatkan. Selain menikmati keindahan alam, tempat-tempat tersebut juga menawarkan beragam kuliner khas. Jangan lupa juga untuk membawa oleh-oleh khas sebagai kenang-kenangan dari liburan ke Brebes.

Sekian pembahasan dari datahub.id mengenai Tempat Wisata di Brebes Jawa Tengah. Nantikan Informasi selanjutnya meliputi pembahasan tempat wisata di daerah lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian yang ingin mengunjungi wisata kota Brebes.

Share this: