Perbedaan Rangka RX King dan RX Spesial, Apa Saja?

Jika kalian penggemar motor Yamaha, pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan dua tipe motor legendaris ini: RX King dan RX Spesial. Kedua motor ini memiliki banyak kesamaan, namun juga memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan.

Salah satu perbedaan yang paling sering diperbincangkan adalah perbedaan rangka antara RX King dan RX Spesial. Apa sih yang membedakan rangka kedua motor ini? Apakah rangka RX King lebih baik dari RX Spesial, atau sebaliknya?

Apa dampaknya bagi performa dan kenyamanan berkendara? Dan apa saja hal-hal yang harus kalian perhatikan jika kalian ingin mengganti atau memodifikasi rangka motor kalian? Kita akan membahas secara lengkap dan mendalam tentang perbedaan rangka RX King dan RX Spesial. Kita akan melihat bagaimana sejarah dan perkembangan kedua motor ini, apa saja komponen dan karakteristik rangka masing-masing motor, apa saja kelebihan dan kekurangan rangka RX King dan RX Spesial.

Perkembangan RX King dan RX Spesial

Sebelum kita membahas perbedaan rangka RX King dan RX Spesial, ada baiknya kita mengenal sedikit tentang sejarah dan perkembangan kedua motor ini. RX King dan RX Spesial merupakan dua tipe motor yang berasal dari seri RX yang diproduksi oleh Yamaha sejak tahun 1976. Seri RX merupakan seri motor sport yang menggunakan mesin 2-tak berpendingin udara dengan kapasitas 100 cc hingga 135 cc. Seri RX terkenal dengan performa yang tangguh, irit, dan bandel, serta desain yang klasik dan elegan.

RX King dan RX Spesial merupakan dua tipe motor yang paling populer dan laris dari seri RX. RX King pertama kali diperkenalkan pada tahun 1983 dengan nama RX 135. Motor ini memiliki mesin 2-tak berkapasitas 132 cc dengan tenaga maksimal 18,5 hp pada 8500 rpm dan torsi maksimal 15,5 Nm pada 7500 rpm. RX King memiliki desain yang sporty dan aerodinamis, dengan lampu depan yang besar dan bulat, tangki bensin yang lebar dan panjang, serta knalpot yang panjang dan besar. RX King juga memiliki fitur-fitur canggih seperti speedometer digital, lampu sein otomatis, dan rem cakram depan.

RX Spesial merupakan versi modifikasi dari RX King yang dilakukan oleh para penggemar motor Yamaha. RX Spesial memiliki mesin yang sama dengan RX King, namun memiliki desain yang berbeda. RX Spesial memiliki lampu depan yang lebih kecil dan persegi, tangki bensin yang lebih pendek dan ramping, serta knalpot yang lebih pendek dan kecil. RX Spesial juga memiliki fitur-fitur yang lebih sederhana, seperti speedometer analog, lampu sein manual, dan rem tromol depan. RX Spesial memiliki desain yang lebih simpel dan minimalis, namun tetap terlihat keren dan gagah.

Kedua motor ini memiliki banyak penggemar dan peminat di Indonesia, baik dari kalangan muda maupun tua. Kedua motor ini juga sering dijadikan objek modifikasi dan custom oleh para pecinta motor. Salah satu hal yang sering dimodifikasi adalah rangka motor, yang merupakan bagian penting yang menentukan performa dan kenyamanan berkendara. Lalu, apa saja perbedaan rangka RX King dan RX Spesial? Mari kita bahas di bagian selanjutnya.

Perbedaan Rangka RX King dan RX Spesial

Rangka motor adalah bagian yang berfungsi sebagai kerangka atau tulang belakang dari motor. Rangka motor berperan sebagai tempat menempelnya berbagai komponen lainnya, seperti mesin, tangki bensin, roda, suspensi, rem, dan lain-lain. Rangka motor juga berpengaruh pada stabilitas, keseimbangan, manuverabilitas, dan aerodinamika motor. Oleh karena itu, rangka motor harus memiliki kekuatan, ketahanan, dan fleksibilitas yang baik.

Rangka motor terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu:

  • Head tube: bagian depan rangka yang berfungsi sebagai tempat menempelnya setang, lampu depan, dan suspensi depan.
  • Down tube: bagian rangka yang membentang dari head tube ke bawah dan berfungsi sebagai tempat menempelnya mesin dan tangki bensin.
  • Top tube: bagian rangka yang membentang dari head tube ke belakang dan berfungsi sebagai tempat menempelnya jok dan suspensi belakang.
  • Seat tube: bagian rangka yang membentang dari top tube ke bawah dan berfungsi sebagai tempat menempelnya knalpot dan roda belakang.
  • Swing arm: bagian rangka yang bergerak dan berfungsi sebagai tempat menempelnya roda belakang dan rem belakang.

Rangka motor bisa dibedakan berdasarkan bentuk, bahan, dan jenisnya. Berikut ini adalah beberapa jenis rangka motor yang umum digunakan:

  • Rangka single cradle: rangka yang memiliki satu down tube yang menopang mesin dan tangki bensin. Rangka ini memiliki kelebihan berupa bobot yang ringan dan mudah dimodifikasi, namun memiliki kekurangan berupa kekuatan dan ketahanan yang kurang.
  • Rangka double cradle: rangka yang memiliki dua down tube yang menopang mesin dan tangki bensin. Rangka ini memiliki kelebihan berupa kekuatan dan ketahanan yang baik, namun memiliki kekurangan berupa bobot yang berat dan sulit dimodifikasi.
  • Rangka backbone: rangka yang memiliki satu top tube yang menopang jok dan suspensi belakang. Rangka ini memiliki kelebihan berupa bobot yang ringan dan mudah dimodifikasi, namun memiliki kekurangan berupa kekuatan dan ketahanan yang kurang.
  • Rangka diamond: rangka yang memiliki satu top tube dan satu down tube yang saling bersilangan. Rangka ini memiliki kelebihan berupa kekuatan dan ketahanan yang baik, namun memiliki kekurangan berupa bobot yang berat dan sulit dimodifikasi.
  • Rangka perimeter: rangka yang memiliki bentuk persegi panjang yang mengelilingi mesin dan tangki bensin. Rangka ini memiliki kelebihan berupa kekuatan, ketahanan, dan fleksibilitas yang sangat baik, namun memiliki kekurangan berupa bobot yang sangat berat dan sangat sulit dimodifikasi.

Rangka motor biasanya terbuat dari bahan logam, seperti besi, baja, atau aluminium. Bahan logam memiliki kelebihan berupa kekuatan, ketahanan, dan kemudahan dalam pembuatan, namun memiliki kekurangan berupa bobot yang berat dan mudah berkarat. Selain bahan logam, ada juga bahan lain yang digunakan untuk membuat rangka motor, seperti karbon, titanium, atau magnesium. Bahan-bahan ini memiliki kelebihan berupa bobot yang ringan dan tahan karat, namun memiliki kekurangan berupa harga yang mahal dan kesulitan dalam pembuatan.

Lalu, bagaimana dengan rangka RX King dan RX Spesial? Apa saja komponen dan karakteristik rangka kedua motor ini? Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Rangka RX King: rangka RX King merupakan rangka jenis double cradle yang terbuat dari bahan besi. Rangka RX King memiliki bentuk yang lebar dan panjang, dengan head tube yang tegak, down tube yang melengkung, top tube yang lurus, seat tube yang miring, dan swing arm yang pendek. Rangka RX King memiliki kelebihan berupa kekuatan dan ketahanan yang baik, serta stabilitas dan keseimbangan yang tinggi.
  • Rangka RX Spesial: rangka RX Spesial merupakan rangka jenis single cradle yang terbuat dari bahan besi. Rangka RX Spesial memiliki bentuk yang pendek dan ramping, dengan head tube yang miring, down tube yang lurus, top tube yang melengkung, seat tube yang tegak, dan swing arm yang panjang. Rangka RX Spesial memiliki kelebihan berupa bobot yang ringan dan mudah dimodifikasi, serta manuverabilitas dan fleksibilitas yang tinggi. Namun, rangka RX Spesial juga memiliki kekurangan berupa kekuatan dan ketahanan yang kurang, serta stabilitas dan keseimbangan yang rendah. Rangka RX Spesial cocok untuk kalian yang menyukai motor dengan desain yang simpel dan minimalis, serta performa yang lincah dan gesit.

Itulah beberapa komponen dan karakteristik rangka RX King dan RX Spesial. Kedua rangka ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan, yang tentunya berpengaruh pada keunggulan dan kelemahan masing-masing motor. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan rangka RX King dan RX Spesial secara lebih detail? Mari kita bahas di bagian berikutnya.

Kelebihan dan Kekurangan Rangka RX King dan RX Spesial

Seperti yang sudah kita ketahui, rangka RX King dan RX Spesial memiliki perbedaan yang cukup signifikan, baik dari segi bentuk, bahan, maupun jenisnya. Perbedaan ini tentunya berdampak pada kelebihan dan kekurangan masing-masing rangka, yang juga berpengaruh pada performa dan kenyamanan berkendara. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan rangka RX King dan RX Spesial yang perlu kalian ketahui:

Kelebihan Rangka RX King

  • Kekuatan dan Ketahanan: rangka RX King memiliki kekuatan dan ketahanan yang baik, karena menggunakan rangka jenis double cradle yang memiliki dua down tube yang menopang mesin dan tangki bensin. Rangka ini mampu menahan beban dan tekanan yang besar, serta tahan terhadap benturan dan getaran. Rangka ini juga tidak mudah bengkok atau patah, sehingga bisa awet dan tahan lama.
  • Stabilitas dan Keseimbangan: rangka RX King memiliki stabilitas dan keseimbangan yang tinggi, karena memiliki bentuk yang lebar dan panjang, serta head tube yang tegak. Rangka ini mampu menjaga posisi motor tetap seimbang dan stabil, baik saat berjalan lurus maupun saat bermanuver. Rangka ini juga tidak mudah goyang atau oleng, sehingga bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengendara.
  • Aerodinamika: rangka RX King memiliki aerodinamika yang baik, karena memiliki desain yang sporty dan aerodinamis, dengan lampu depan yang besar dan bulat, tangki bensin yang lebar dan panjang, serta knalpot yang panjang dan besar. Rangka ini mampu mengurangi hambatan udara yang dialami motor, sehingga bisa meningkatkan kecepatan dan efisiensi bahan bakar. Rangka ini juga mampu memberikan gaya tarik yang menarik bagi penggemar motor sport.

Kekurangan Rangka RX King

  • Bobot: rangka RX King memiliki bobot yang berat, karena menggunakan rangka jenis double cradle yang memiliki dua down tube yang menopang mesin dan tangki bensin. Rangka ini memiliki bobot yang lebih berat daripada rangka RX Spesial, sehingga bisa mempengaruhi akselerasi dan handling motor. Rangka ini juga bisa membuat pengendara cepat lelah dan pegal, karena harus mengeluarkan tenaga lebih banyak untuk mengendalikan motor.
  • Modifikasi: rangka RX King memiliki modifikasi yang sulit, karena menggunakan rangka jenis double cradle yang memiliki dua down tube yang menopang mesin dan tangki bensin. Rangka ini memiliki ruang yang sempit dan terbatas untuk melakukan modifikasi, baik pada mesin, tangki bensin, roda, suspensi, rem, maupun aksesoris lainnya. Rangka ini juga memiliki bentuk yang sudah terbentuk dan sulit diubah, sehingga membatasi kreativitas dan variasi pengendara.

Kelebihan Rangka RX Spesial

  • Bobot: rangka RX Spesial memiliki bobot yang ringan, karena menggunakan rangka jenis single cradle yang memiliki satu down tube yang menopang mesin dan tangki bensin. Rangka ini memiliki bobot yang lebih ringan daripada rangka RX King, sehingga bisa mempengaruhi akselerasi dan handling motor. Rangka ini juga bisa membuat pengendara lebih mudah dan nyaman, karena tidak harus mengeluarkan tenaga banyak untuk mengendalikan motor.
  • Modifikasi: rangka RX Spesial memiliki modifikasi yang mudah, karena menggunakan rangka jenis single cradle yang memiliki satu down tube yang menopang mesin dan tangki bensin. Rangka ini memiliki ruang yang luas dan fleksibel untuk melakukan modifikasi, baik pada mesin, tangki bensin, roda, suspensi, rem, maupun aksesoris lainnya. Rangka ini juga memiliki bentuk yang simpel dan minimalis, sehingga mudah diubah dan disesuaikan dengan selera dan kebutuhan pengendara.

Kekurangan Rangka RX Spesial

  • Kekuatan dan Ketahanan: rangka RX Spesial memiliki kekuatan dan ketahanan yang kurang, karena menggunakan rangka jenis single cradle yang memiliki satu down tube yang menopang mesin dan tangki bensin. Rangka ini kurang mampu menahan beban dan tekanan yang besar, serta kurang tahan terhadap benturan dan getaran. Rangka ini juga mudah bengkok atau patah, sehingga bisa cepat rusak dan tidak awet.
  • Stabilitas dan Keseimbangan: rangka RX Spesial memiliki stabilitas dan keseimbangan yang rendah, karena memiliki bentuk yang pendek dan ramping, serta head tube yang miring. Rangka ini kurang mampu menjaga posisi motor tetap seimbang dan stabil, baik saat berjalan lurus maupun saat bermanuver. Rangka ini juga mudah goyang atau oleng, sehingga bisa memberikan rasa tidak aman dan tidak nyaman bagi pengendara.
  • Aerodinamika: rangka RX Spesial memiliki aerodinamika yang kurang, karena memiliki desain yang simpel dan minimalis, dengan lampu depan yang kecil dan persegi, tangki bensin yang pendek dan ramping, serta knalpot yang pendek dan kecil. Rangka ini kurang mampu mengurangi hambatan udara yang dialami motor, sehingga bisa menurunkan kecepatan dan efisiensi bahan bakar. Rangka ini juga kurang mampu memberikan gaya tarik yang menarik bagi penggemar motor sport.

Tips Merawat Rangka

Setelah kita mengetahui perbedaan, komponen, karakteristik, kelebihan, dan kekurangan rangka RX King dan RX Spesial, kita juga harus mengetahui bagaimana cara merawatnya dengan baik. Rangka motor adalah bagian yang penting yang menentukan performa dan kenyamanan berkendara, sehingga harus selalu dalam kondisi yang prima dan optimal. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik untuk merawat dan memodifikasi rangka RX King dan RX Spesial yang bisa kalian lakukan:

  • Bersihkan rangka secara rutin: rangka motor harus selalu dibersihkan secara rutin, minimal seminggu sekali, untuk menghilangkan debu, kotoran, karat, atau benda asing lainnya yang menempel pada rangka. Kalian bisa menggunakan air, sabun, sikat, lap, atau semprotan khusus untuk membersihkan rangka. Pastikan kalian membersihkan seluruh bagian rangka, termasuk celah-celahnya, dengan hati-hati dan teliti. Setelah bersih, keringkan rangka dengan lap kering atau angin-anginkan di tempat yang teduh.
  • Lakukan pengecekan secara berkala: rangka motor harus selalu dicek secara berkala, minimal sebulan sekali, untuk mengetahui kondisi dan kinerja rangka. Kalian bisa menggunakan mata, tangan, atau alat ukur untuk melakukan pengecekan. Pastikan kalian mengecek apakah ada bagian rangka yang bengkok, patah, retak, berkarat, longgar, atau bermasalah lainnya. Jika ada, segera lakukan perbaikan atau penggantian sesuai dengan kebutuhan.
  • Lakukan pelumasan secara teratur: rangka motor harus selalu dilumasi secara teratur, minimal tiga bulan sekali, untuk menjaga keawetan dan kelenturan rangka. Kalian bisa menggunakan oli, gemuk, atau pelumas khusus untuk melumasi rangka. Pastikan kalian melumasi seluruh bagian rangka, terutama bagian yang bergerak atau bergesekan, seperti swing arm, baut, mur, atau bantalan. Jangan lupa untuk membersihkan kelebihan pelumas dengan lap bersih agar tidak menimbulkan kotoran atau lengket.
  • Lakukan modifikasi dengan bijak: rangka motor bisa dimodifikasi sesuai dengan selera dan kebutuhan kalian, namun harus dilakukan dengan bijak dan hati-hati. Kalian bisa mengubah bentuk, bahan, atau jenis rangka, atau menambahkan aksesoris atau fitur tambahan pada rangka. Namun, pastikan kalian memilih rangka yang sesuai dengan spesifikasi dan kapasitas motor kalian, serta tidak mengganggu fungsi dan kinerja rangka. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan ahli atau mekanik sebelum melakukan modifikasi, agar tidak menimbulkan masalah atau kerusakan pada rangka.

Kesimpulan

Kedua motor ini memiliki banyak penggemar dan peminat di Indonesia, baik dari kalangan muda maupun tua. Kedua motor ini juga sering dijadikan objek modifikasi dan custom oleh para pecinta motor. Salah satu hal yang sering dimodifikasi adalah rangka motor, yang merupakan bagian penting yang menentukan performa dan kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, kalian harus mengetahui perbedaan, kelebihan, dan kekurangan rangka RX King dan RX Spesial, serta cara merawat dan memodifikasinya dengan baik.

Share this: